Layanan Aplikasi MicroFinance

lemicsys

Apa itu Aplikasi Micro Finance, LeMicsys ?

Aplikasi LeMicsys adalah Aplikasi E-Business untuk lembaga Microfinance baik Koperasi, BMT maupun BPR dan BPRS, aplikasi LeMicsys ini dapat memberikan nilai tambah yang cukup signifikan dengan berbagai  kemudahan yang dimilikinya bagi kemajuan industri Layanan Jasa Keuangan Mikro di Indonesia.

Beberapa keunggulan yang kami berikan kepada Lembaga Keuangan Mikro selaku user adalah:

  1. Menggunakan Jaringan Internet Publik yang Tersedia
  2. Perbaikan Teknologi Aplikasi dengan teknologi AJAX. sehingga dalam prakteknya meskipun jaringan internet yang digunakan hanya memiliki bandwidth kecil, sistem tetap bisa berjalan untuk melayani kepada anggota atau nasabah.
  3. Remote Maintenance menjadi solusi karena sistem data yang terpusat proses maintenance sistem menjadi lebih mudah, yaitu hanya ke server pusat. Proses ini juga bisa dilakukan secara remote.
  4. Cloud Installation memberikan nilai tambah yang sangat besar. Proses-proses seperti backup, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti keamanan, listrik, jaringan internet menjadi semakin mudah dikontrol. proses maintenance yang lebih menyeluruh dan dengan biaya yang lebih rendah.
  5. Mengikuti Kebutuhan Bisnis dalam proses perancangan serta implementasi aplikasi LeMicsys kami sangat mengacu pada kebutuhan pelaku bisnis LKM. Di lain pihak kami juga memperhatikan beberapa regulasi yang direkomendasikan oleh BI maupun OJK.
  6. Penghematan Biaya per Bulan dapat dicapai sesuai kebutuhan minimal jaringan dengan memilih dari provider yang sudah ada, tanpa harus menggunakan jaringan leased line sendiri.
  7. Dukungan Sistem Menyeluruh Proses Lembaga Keuangan Mikro dengan standar yang dibuat sesuai PSAK mencakup Front Office, Back Office, Accounting, Pembiayaan, Perhitungan bagi hasil, Distribusi Bagi hasil dan Laporan-laporan yang mendukung proses bisnis koperasi dan bank.
  8. Aplikasi mudah diakses di kantor cabang, kantor kas maupun kantor pusat.
  9. Manajemen cabang dan kantor kas terintegrasi sehingga pembentukan konsolidasi cepat dan akurat tanpa perlu proses tambahan.
  10. Transaksi operasional sehari-hari terhubung secara online antara pusat, kas dan cabang sehingga proses penyetoran dan penarikan dapat dilakukan di cabang atau kas mana saja.
  11. Pendebetan secara otomatis setiap pembiayaan akan mengurangi kerja personal pada bagian pembiayaan.
  12. Adanya blokir otomatis tabungan nasabah memudahkan monitoring dan mampu memberikan penangan khusus pada data yang berkaitan dengan tunggakan.
  13. Transaksi Kantor cabang dapat termonitor di kantor pusat dengan sistem authentikasi tersendiri yang menangani keamanan data dan dapat diakses dimana saja, kapan saja bahkan dengan fasilitas perangkat smartphone sekalipun.
  14. Prosedur penyetoran dan penarikan tabungan yang melibatkan kantor cabang dan pusat harus ditangani dengan menggunakan proses tertentu seperti penggunaan rekening antar kantor(RAK) aktiva atau pasiva .
  15. Penanganan level otorisasi pada teller sesuai dengan hak yang diberikan kepada pengguna.
  16. Laporan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan lembaga.
  17. Memenuhi Proses Pelaporan Kepada Regulator (Khusus BPR) diantaranya Fasilitas export data dari sistem untuk pelaporan bulanan BI dan Fasilitas ekspor data dari sistem untuk SID.
  18. Fasilitas yang tersedia pada sistem Perbankan mikro dibuat dengan mengadopsi model transaksi keuangan pada sebuah Bank. Salah satu yang utama dalam implementasi sistem ini adalah keamanan dan transparansi bertransaksi.
  19. Keamanan sistem yang digunakan dalam aplikasi LeMicsys disesuaikan dengan kebutuhan dan perangkat yang tersedia, yang mana secara default sistem Aplikasi dijaga dengan minimal 2 ring pengaman, yaitu :
    1. Nama user dan password yang dimiliki masing-masing pengguna,
    2. Akses melalui https (secure http). Model pengamanan ini bisa ditambahkan lagi dengan penambahan VPN (Virtual Private Network) yang bisa lebih membatasi akses jaringan bagi yang benar-benar berhak.
  20. Aplikasi mendukung sistem data nasabah / anggota tunggal (single CIF)
  21. Semua rekening (deposito, pembiayaan) terhubung dengan tabungan
  22. Semua transaksi dilakukan secara online
  23. Seorang nasabah / anggota bisa memiliki beberapa rekening tabungan, deposito, dan pembiayaan.

Dengan Motto “I’m possible” kami persembahkan layanan aplikasi Mikrofinance untuk penguatan dan memajukan layanan Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia.