Kenali Perbedaan PLN Postpaid, Prepaid Dan Nontaglis
Perbedaan PLN Postpaid Prepaid dan Nontaglis. Ada tiga jenis pembayaran listrik di Indonesia, yaitu Postpaid, Prepaid dan Nontaglis. Listrik Prepaid menggunakan sistem pembelian token agar dapat menggunakan listrik. Sedangkan pelanggan listrik Postpaid melakukan pembayaran setelah menggunakan listrik, Listrik Nontaglis merupakan layanan yang termasuk pembayaran PLN nontaglis, yaitu pemasangan sambungan baru, tambah/pengurangan daya, migrasi ke pembayaran lain, pemasangan kembali, perubahan tarif, perubahan nama, pengaduan teknik, dan sebagainya. Lalu, lebih hemat mana listrik prabayar atau pascabayar?
Listrik dengan jenis Prepaid mulai hadir di Indonesia sejak 2008. Sistem berbasis token ini kemudian dinamai Listrik Pintar. Disebut Prepaid lantaran pelanggan harus membeli token layaknya pulsa untuk dapat menggunakan listrik.
PLN Prepaid
Kelebihan jenis Prepaid adalah pelanggan dapat mengontrol secara mandiri penggunaan listrik. Namun, listrik dapat otomatis padam jika token habis. Hal ini tentu dapat menyebabkan gangguan, terutama jika pelanggan tengah menggunakan layanan listrik.
PLN Postpaid
Sebelum jenis Prepaid hadir, Perusahaan Listrik Negara atau PLN sepenuhnya menggunakan sistem Postpaid. Pembayaran listrik sistem pascabayar dihitung berdasarkan meteran listrik. Kemudian tagihan rekening listrik dikirimkan setiap bulan sesuai dengan energi listrik yang dipakai.
Mungkin masyarakat percaya bahwa listrik Postpaid lebih murah dibandingkan listrik Prepaid. Namun, ternyata perbedaan keduanya hanya terdapat pada jenis pembayaran. Sedangkan untuk tarif, potongan, dan biaya administrasi tetap sama.
PLN Nontaglis
Pembayaran tagihan listrik melalui PLN nontaglis dapat kamu lakukan secara cash (tunai). Kamu bisa melakukan pembayaran dengan jangka waktu tertentu sesuai yang ditentukan oleh PLN. Untuk melakukan pembayaran PLN nontaglis bisa datang langsung ke kantor PLN setempat. Pembayaran dapat dilakukan apabila permintaan/kebutuhan pengguna telah selesai dikerjakan oleh petugas PLN.
Jika kamu ingin mencoba layanan PLN nontaglis ini hal pertama yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan registrasi ke layanan nontaglis. Setelah melakukan registrasi kamu akan mendapatkan nomor registrasi. Nomor registrasi ini bisa kamu dapatkan melalui layanan PLN, seperti contact center PLN 123, alamat web PLN, maupun dating langsung ke kantor PLN. Tentunya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Perbedaan PLN Postpaid Prepaid dan Nontaglis.